TATA-Motors-e1460690644640

Tata Motors Siap Produksi Bus Listrik

Beberapa waktu yang lalu Tata Motors, perusahaan mobil terbesar di India, menyatakan akan merealisasikan rencananya untuk memproduksi bus listrik dengan ukuran dimensi panjang 9 meter di India.

Bus ramah lingkungan ini akan diproduksi di pabrik Tata Motors di Guwahati dan mampu mengakomodir 34 penumpang.

Tata Motors mengklaim sebelumnya telah sukses melakukan trial alias uji coba bus listrik dengan mengambil rute dari Parwanoo ke Shimla di India dengan menempuh jarak 160 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Tata Motors juga sudah mengetes bus ini dengan rute lain, yakni di Chandigarh dengan jarak tempuh 143 km dan hasilnya dinyatakan memuaskan.

Di ajang pameran otomotif Prawaas 2017 yang digelar oleh Organda India di Mumbai, AK Jindal, Kepala Pusat Riset dan Engineering Tata Motors mengatakan, pihaknya sudah merintis kendaraan elektrik sejak 2005.

Saat itu pihaknya sudah meriset kendaraan berbahan bakar hidrogen, dan kendaraan bertenaga listrik.
Di riset kendaraan listrik, biaya terbesar diserap untuk meriset baterai, meski belakangan biayanya turun hingga 60 persen dari sebelumnya 1000 dolar per kWh di tahun 2010 lalu.

Tata Motors optimistis dalam 4-5 tahun ke depan dapat menekan biaya baterainya dan membantu menekan harga jual bus yang dilepas ke konsumen.

Happy Car
Membawa Motor Dalam Bus otobus