Biaya Lava Tour Merapi merupakan hal yang perlu kalian siapkan kalau ingin menuju ke Lava Tour Merapi. Kalian bisa merencanakan dan mengumpulkan dana agar lebih efesien dengan cara menghitung uang yang akan dikeluarkan untuk biaya makanan, akomodasi, transportasi, dan kegiatan rekreasi selama liburan. Kalian juga dapat membuat kebijakan dalam mencari akomodasi, destinasi liburan, dan kegiatan yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Begitu juga salah satu wisata di Sleman yang lagi hits yaitu wisata Lava Tour Merapi yang memiliki banyak layanan wisata. Kalian bisa menentukan biaya Lava Tour Merapi sebelum menuju ke lokasinya. Selain banyak layanan wisata di Sleman ini, di sana juga banyak promo yang ditawarkan untuk kalian bisa nikmati layanan wisatanya.

Terkait lokasi Lava Tour Merapi juga menjadi perhatian khusus bagi kalian yang lokasinya jauh dari sana. Karena semakin jauh lokasi anda dengan lokasinya, semakin besar juga biayanya. Maka dari itu, kalian bisa persiapkan jauh-jauh hari sebelum berkunjung kesana. Berikut ini mungkin bisa menjadi masukan untuk kalian sebelum berkunjung ke Lava Tour Merapi.

Lokasi Lava Tour Merapi

Untuk kalian bisa menuju ke Lava Tour Merapi Sleman lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau. Terletak tidak jauh dari Taman Wisata Kaliurang. Lokasi Lava Tour Merapi berada di Ngipiksari, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta. Terdapat banyak pengemudi jeep di Merapi Lava Tour. Kalau kalian berjalan melewati jln Kaliurang, dari km. 20 pun sudah ada beberapa basecamp jeep yang terletak di sisi jalan. Setiap operator memiliki jumlah jeep yang tersedia di setiap basecamp.

Namun, yang cukup terkenal adalah operator-operator jeep yang basecamp-nya ada di area Kaliadem dan Kaliurang. Kalau kalian berjalan melewati jalur Kaliadem, kalian nanti akan menemui operator berikut:

  1. Merapi Jaya

  2. 86 Adventure

  3. MLCC (Merapi Land Cruiser Community)

  4. TLCM (Toyota Land Cruiser Merapi)

  5. JWM (Jeep Wisata Merapi)

  6. M-Jak

  7. Belantara Adventure

Kalau kalian melewati jalur Kaliurang, operator yang tersedia yaitu:

  1. Tlogo Putri

  2. Land Rover Community

  3. Jeep Kaliurang

  4. Komunitas Jeep Elang

Baca Juga:  Obelix Sea View Ulasan Pesonanya, Lokasi, dan Harga Tiket

Untuk lokasi tepatnya di mana, kalian harus pergi jika ingin ke Lava Tour Merapi, ga perlu repot-repot. Mudah saja silahkan cari di google maps dan tulis dengan keyword “Kaliurang”. Ikutilah jalur yang ada di googlemaps dan akhirnya kalian akan mendapati banyak operator yang sudah tertulis di atas.

Destinasi Wisata Lava Tour Merapi

Beberapa Destinasi yang bisa kalian nikmati di lava tour Merapi adalah sebagai berikut:

1. Bunker Kaliadem

Bungker Kaliadem

 

Bunker Kaliadem asal usulnya merupakan suatu kawasan berlindung ketika bencana erupsi Gunung Merapi melanda. Akan tetapi, bunker ini tak bisa menahan luapan erupsi Merapi. Hal ini terbukti dengan meninggalnya 2 relawan yang masuk untuk sembunyi di dalamnya ketika erupsi Merapi tahun 2006 yang lalu. Saat erupsi Merapi pada tahun 2010, bunker Kaliadem juga tertimbun abu dan material vulkanik dengan kedalaman 4 meter.

Walaupun kesannya kurang bermanfaat, bangunan yang mempunyai hawa angker ini mampu menjadi daya tarik para wisatawan untuk bisa mengunjunginya. Mereka ke salah satu wisata Kaliurang tersebut hanya sekedar ingin tahu dengan hawa mistis yang ada di bunker Kaliadem dan juga mau melihat keindahan alam Gunung Merapi dari luar bunker.

2. The Lost World Park

The Lost World Park

 

Tempat wisata the Lost World Park di dirikan dengan tujuan supaya bisa mengenang desa-desa yang menjadi korban akibat erupsi Merapi pada tahun 2010. Di lokasi ini, kalian nantinya akan mendapati pemandangan yang anti mainstream, wahana bermain, dan lokasi foto yang instagramable.

3. Rumah Mbah Maridjan

Rumah Mbah Maridjan

 

Mbah Maridjan merupakan juru kunci dari gunung Merapi yang menolak ajakan evakuasi ketika terjadi erupsi 2010. Ketika erupsi tersebut terjadi, rumah Mbah Maridjan, yang berjarak sekitar  4 km dari puncak Merapi, terkena oleh awan panas erupsi Merapi. Akibatnya, Mbah Maridjan tak tertolong dan meninggal. Kini, bekas rumah mbah Maridjan sudah menjadi sebuah objek wisata. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat sisa benda-benda peninggalan mbah Maridjan dan foto-foto pada saat terjadinya erupsi Merapi.

Biaya Lava Tour Merapi

Supaya bisa menentukan biaya Lava Tour Merapi, kalian dapat memilih dulu paket yang telah ada. Lava Tour Merapi menyediakan macam-macam paket liburan dengan rute yang tak sama. Apa saja yang bisa Anda eksplorasi dari tempat ini? Berikut ini merupakan pilihan paket wisata Lava Tour untuk para pengunjung.

Baca Juga:  Harga Tiket Kampung Flory, Lokasi dan Daya Tarik

1. Short Trip

Paket pertama dan yang paling murah yaitu shot trip atau perjalanan pendek dengan jarak perjalanan kira-kira sekitar 12 km. Paket wisata Merapi ini banyak peminat dari keluarga kecil karena perjalanannya yang sangat pendek. Lama perjalanannya juga sekitar 1,5 jam saja dari basecamp sampai kembali lagi ke basecamp. Kalian akan naik ke sebuah jeep Kaliurang dan harga sewanya sudah masuk ke dalam paket yang disediakan. Untuk jeep Kaliurang yang tersedia dalam paket wisata Lava Tour Merapi ini, Kalian hanya cukup membayar sekitar 400 ribu dan juga dapat mengajak 3 orang teman kalian.

Ada banyak pilihan rute yang bisa Kalian pilih untuk short trip di Lava Tour Merapi seperti Museum Mini – Lost World Park – Kaliadem, Museum Mini – Stonehenge – Kaliadem, dan Museum Mini kemudian ke Lost World Park dan terakhir ke Rumah Mbah Maridjan. Paket ini mewajibkan kalian untuk dapat berkumpul dulu di basecamp Kaliadem untuk penjemputan dan berangkat. Nanti, Kalian akan dijemput dengan menggunakan jeep Kaliurang dan memulai perjalanan sesuai dengan rute yang telah Kalian pilih sebelumnya.

2. Paket Medium Trip

Paket lain yang tersedia di Lava Tour Merapi yakni paket medium trip yang memiliki durasi trip perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan yang berawal dari basecamp di Kaliadem. Pilihan ini juga mengharuskan Kalian untuk menaiki jeep Kaliurang sebagai kendaraannya. Harga paket ini sebesar Rp.500.000 untuk berjelajah. Karena memakai jeep Kaliurang yang sama dengan jeep jenis paket trip lainnya, maka satu jeep dapat termuati oleh 4 orang bersamaan. Mobil wisata jeep Kaliurang juga bisa Kalian pilih untuk tipe yang Kalian inginkan. Akan tetapi, drivernya merupakan orang dari pengelola tour tersebut yang pastinya driver yang sudah banyak pengalaman.

Perjalanan yang ditempuh dengan menggunakan jeep Kaliurang untuk wisata Lava Tour Merapi ini sekitar 15 km. Medium trip yang kedua ini lumayan seru dan  menyenangkan dengan menawarkan beragam pilihan rute seperti: Museum Mini menuju ke Lost World Park, terus menuju ke Bunker Kaliadem, kemudian terakhir ke Rumah Mbah Maridjan. Paket ini akan membawa perjalanan kalian ke lokasi tujuan wisata populer yang ada di sekitaran Lava Tour Merapi. Rute lainnya adalah dari Stonehenge terus menuju ke Lost World, kemudian Kaliadem mengarah ke Museum Mini. Ada rute lainnya juga yaitu dari Museum Mini menuju ke Lost World terus terakhir ke Maneuver Kaliurang, dan rute lain yang bisa kalian pilih yakni dari Museum Mini menuju ke Lost World Park kemudian ke World Castle dan akhirnya sampai di Kaliadem.

Baca Juga:  Omah Kopi Cokrowijayan Menu Makanan Vibes Taman

3. Long Trip

Long trip merupakan perjalanannya cukup panjang. Durasi perjalanannya sekitar 2 jam untuk keseluruhan tour dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Paket wisata Lava Tour Merapi ini banyak peminat yang ingin memanjakan diri dengan objek wisata di area ini.

Kalian akan dibawa ke objek wisata dengan menggunakan mobil jeep Kaliurang. Mobil dapat memuat sampai 4 orang kecuali driver yang akan menyetir sepanjang perjalanan. Kalian dapat menentukan waktu kapan untuk mencoba long trip sesuai kemauan kalian dari pagi sampai sore hari.

Kalian cukup membayar biaya paket tour Merapi Lava ini seharga Rp.600.000 dan bisa menikmati perjalanan dengan berbagai rute yang tersedia, seperti dari Museum mini menuju ke Taman Lost World kemudian ke Kaliadem terus ke Stonehenge dan terakhir sampai di Rumah Mbah Maridjan. Rute lainnya yang bisa kalian tentukan yaitu dari Museum Mini menuju ke Bunker Kaliadem kemudian ke Batu Alien dan terakhir ke Maneuver Air Kali Kuning. Rute ini lumayan memacu adrenalin dan menegangkan sebab akan basah-basahan di tengah air dangkal memakai mobil jeep. Kalian akan di jemput di Basecamp Kaliadem untuk memulai perjalanan.

4. Sunrise Trip

Wahana ini juga tak boleh kalian lewatkan karena sunrise trip menawarkan pemandangan yang indah dengan disambut oleh sunrise di ufuk timur. Paket  ini tak sama  dengan yang lain sebab fokusnya yaitu melihat sunrise. Kalian diwajibkan kumpul di basecamp Kaliadem.

Durasi tripnya yakni kira-kira 1,5 jam saja dan dimulai pada pukul 04.30. Kalian akan menaiki ke sebuah tempat tinggi untuk bisa melihat sunrise yang akan terjadi sekitar 45 menit setelah sampai. Panjang perjalanan untuk seluruh sunrise trip yakni sekitar 12 km.

Rute yang akan dilalui untuk paket wisata ini yakni berawal dari bunker Kaliadem kemudian ke lost World Park dan akhirnya sampai di Stonehenge/Museum Mini. Trip ini hanya menghabiskan biaya sekitar 500 ribuan untuk tarif per jeepnya. Tarif ini cukup terjangkau untuk kalian dapat melihat indahnya sunrise di Merapi.

Itulah Biaya Lava Tour Merapi yang Perlu Kalian Persiapkan.