Kalian akan bertanya-tanya mengenai Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang kalau akan liburan kesana kan?. Tenang saja, artikel ini akan menjelaskan pada kalian mengenai Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang, Lokasi, dan Daya Tarik. Sebelum itu mari kita kenalan dulu mengenai Tlogo Putri Kaliurang yang menjadi salah satu wisata di Sleman yang lagi hits.

Tlogo Putri Kaliurang adalah salah satu wisata Kaliurang Jogja. Kalian tidak hanya dapat menikmati wisata air, tapi juga wisata alam, karna tlogo ini terletak di sebuah bukit Plawangan yang berada di lereng selatan gunung Merapi. Terdapat mitos menarik terkait telaga ini, Tlogo Putri konon adalah tempat pemandian para bidadari dari kayangan. Sampai akhirnya terkenal dengan sebutan Tlogo Putri. Mitos lain yang kerap menjadi pembahasan adalah, siapa pun yang membasuh wajahnya di sana, bisa menjadi awet muda.

Sekitar tahun 80-an, sebenarnya Tlogo Putri Kaliurang pernah menjadi sebuah kolam renang untuk umum. Sempat menjadi primadona, tapi akhirnya tutup sesudah munculnya banyak lokasi-lokasi wisata di sekitar Jogya. Puncaknya terjadi gempa Jogja di tahun 2006, kolam renang pun tutup. Sampai pada akhirnya pihak pengelola memutuskan untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata baru, dengan berbagai macam wahana yang lebih menarik dan ini berhasil.

Daya Tarik Tlogo Putri Kaliurang

Sebelum masuk pembahasan terkait Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang, kalian harus tahu dulu daya tarik Tlogo Putri Kaliurang. Ketika kalian berkunjung di Tlogo Putri Kaliurang, Kalian tidak hanya bisa merasakan nikmatnya pemandangan yang indah. Namun juga dapat mencoba berbagai permainan, seperti flying fox, dan juga naik kano atau naik bebek di area sekitar telaga. Sambil menikmati suasana sejuk pedesaan, kalian bisa menyewa skuter untuk berkeliling ke sekitar lokasi tersebut. Tempat ini juga menjadi pusat penyewaan mobil jeep Kaliurang yang bisa membawa kamu berkeliling ke kawasan lereng Merapi.

Baca Juga:  Obelix Village Ulasan Pesonanya, Lokasi, dan Harga Tiket

Di samping itu, Kalian juga bisa menyusuri kawasan hutan yang pengelolaannya langsung ditangani oleh Perhutani. Karena memang Tlogo Putri Kaliurang ini berada satu kompleks yang sama dengan Bukit Plawangan Turgo. Kalian bisa menjelajahi hutan di Tlogo Putri Kaliurang dan dapat melihat sekawanan monyet ekor panjang. Meski mereka tidak mengganggu, tetap selalu waspada ya. Terdapat papan peringatan yang terpasang supaya pengunjung tidak memberikan makanan kepada mereka.

Di dalam hutan juga masih ada beberapa obyek wisata yang bisa Kalian kunjungi, yaitu Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso, juga Air Terjun Tlogo Muncar. Di Sini juga menyediakan basecamp lava tour merapi yang bisa diorder secara khusus. Adapun fasilitas yang dapat Kalian gunakan di sekitar Tlogo Putri Kaliurang, seperti taman bermain, tempat beribadah, toilet, area trekking, dan juga warung penjual makanan khas setempat.

Baca Juga:  Tempat Aman untuk Pacaran di Jogja

Lokasi wisata ini tak pernah tutup dan akan ramai disaat hari libur atau weekend. Jika Kalian tidak terlalu suka dengan keramaian, bisa mengunjungi Tlogo Putri pada pagi hari atau sore menjelang tutup. Di Tlogo Putri Kaliurang juga kerap mengadakan berbagai macam pentas seni dan biasanya mulai di hari minggu. Campur sari, topeng ireng, orkes melayu, dangdutan, jathilan, hingga kubro siswo, silih berganti menghibur para pengunjung.

Mengenai informasi tentang tiket masuk Tlogo Putri Kaliurang kalian bisa baca sampai selesai ya.

Lokasi Tlogo Putri

Tlogo Putri Kaliurang beralamatdi Jl Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak tempuh Tlogo Putri Kaliurang dari Kota Yogyakarta sekitar 28 Km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam. Akses untuk dapat menuju lokasi juga sudah cukup baik dan mudah untuk dituju. Jangan sampai lupa untuk mengambil foto di sana ya, karena keindahan wisata Kaliurang belum tentu dapat Kalian jumpai di kota lainnya.

Baca Juga:  Wisata di Sleman yang Lagi Hits: No 1 Terfavorit

Kalian akan melalui Jl Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Persatuan, Jalan Jembatan Baru UGM, Jalan Monjali, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Jalan Pakem-Turi, Jalan Watugendong, dan Jalan Tlogo Putri.

Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Agar Kalian dapat masuk ke lokasi wisata tersebut, pastikan Kalian menyiapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp. 6000 untuk masing-masing orang. Sementara untuk biaya parkir, tarifnya berbeda-beda. Untuk kendaraan roda dua, Anda hanya akan dikenai biaya 2000 Rupiah saja, mobil 10.000 Rupiah dan bis 20.000 Rupiah. Tarif ini berlaku selama jam kunjungan, yang dibuka mulai jam 07,00 pagi, hingga jam 16.00 sore.

Sedangkan harga sewa permainan, seperti skuter maupun perahu bebek mulai dari Rp. 10.000. Sementara wisata naik jip di kisaran harga Rp. 300.000 – Rp. 500.000. Tempat ini tutup pukul 16.00 WIB.

Sementara bagi Kalian yang masih ingin menikmati destinasi wisata lainnya di sekitar Tlogo Putri, bisa menginap terlebih dahulu di beberapa hotel di dekatnya. Bahkan di lokasi ini juga tercatat setidaknya terdapat lebih dari 10 hotel, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang. Kalau Anda datang secara rombongan dan dalam jumlah besar, juga bisa menginap di penginapan yang terletak tidak jauh dari Tlogo Putri.

Itulah penjelasan seputar Tlogo Putri Kaliurang, salah satu destinasi wisata Kaliurang yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta.