Bagi Anda yang menghendaki untuk mendirikan sebuah usaha PO bus Pariwisata dengan jumlah unit armada yang relatif tak banyak, sekitar 3 sampai 5 bus. Terdapat bermacam-macam langkah yang perlu Anda lewati.

Langkah pertama yakni menyiapkan modal yang sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, perlu juga menyiapkan garasi sebagai tempat parkir bus, melakukan perbaikan rutin setiap armada, memperoleh izin beroperasi, dan melakukan kegiatan marketing.

Tahapan proses mendirikan PO bus pariwisata:

1. Modal

Tahap awal ketika mendirikan usaha PO bus pariwista terdekat yaitu menyiapkan modal. Modal ini digunakan untuk membeli armada bus, bisa memilih secara pembayaran tunai maupun kredit. Kalau menghendaki pembayaran cash, Anda memerlukan modal kira-kira 500 juta sampai 700 juta untuk dapat membeli armada bus. Kalau memakai jasa leasing dengan pembayaran DP, minimal DP yang harus tersedia yakni 30%, atau kira-kira 300 juta per armada bus.

Baca Juga:  Ledok Sambi Resort: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

2. Garasi

Langkah kedua adalah menyediakan garasi untuk bus. Penting untuk bisa menemukan atau menyewa garasi dengan mengeluarkan biaya sekitar 25 juta untuk lahan sekitar 3.500 m. Proses dalam pencarian garasi dapat memakan waktu yang relatif lama. Di samping menyiapkan biaya sewa garasi, Anda memerlukan untuk bisa memperbaiki pada lahan, misalnya mengecor tanah. Sebab beban yang terdapat pada bus memiliki berat yang berbeda dengan kendaraan lainnya. Anda perlu memperbaiki lahan memakai material seperti batu kerikil, pasir, tanah, dan lainnya agar lahan memiliki ketinggian yang rata.

3. Perbaikan Kendaraan

Di samping Anda menyiapkan biaya untuk pembelian bus, biaya perbaikan armada bus juga hal yang harus Anda pikirkan. Banyak perbaikan yang harus Anda lakukan, mulai dari servise pada kaki-kaki bus, perbaikan terkait kebocoran pada mesin atau ban, sampai proses pengecatan bus agra dapat seragam.

Baca Juga:  Obelix Village Ulasan Pesonanya, Lokasi, dan Harga Tiket

4. Izin Operasi Bus

Bisa memperoleh izin operasi bus adalah sesuatu yang sangat fundamental. Ketika Anda membeli bus, alangkah lebih baiknya Anda meminjam surat-surat kendaraan dari PO asal bus tersebut supaya bus bisa beroperasi. Sembari Anda mengurus izin operasi PO bus sendiri, proses ini dapat dilalui dengan bantuan pihak yang memiliki pengalaman. Prosesnya memerlukan waktu yang lumayan lama.

5. Pemasaran Bus

Hal penting lainnya dalam menjalankan bisnis adalah pemasaran. Anda memerlukan usaha pemasaran bukan cuma untuk penjualan tiket, namun juga terkait dengan memperhitungkan operasional. Marketing bisa dengan cara DM di media sosial misalnya Instagram atau Facebook, tetapi juga Anda perlu seseorang yang dapat bertanggung jawab saat mengurus semua aktivitas marketing supaya bisnis tak mengalami kerugian. Sesudah melewati tahapan-tahapan di atas, yang paling utama dalam membangun PO bus yakni mempunyai modal yang lumayan dan melakukan bisnis dengan keseluruhan.

Tahap Selanjutnya

Sesudah semua syarat-syarat telah terpenuhi, tahap selanjutnya yakni mengajukan izin usaha angkutan dan menunggu izin akan dapat terbit oleh Direktorat Perhubungan Darat. Sesudah izin jadi, armada bus bisa segera beroperasi. Sesuatu yang penting bahwa izin membangun PO bus pariwisata berlaku selama lima tahun. Oleh sebab itu, saat masa berlaku izin mau habis, pemilik PO bus pariwisata mesti memperpanjang izin usaha.

Baca Juga:  Bus Telolet: Sensasi Perjalanan Diiringi Telolet Bus Pariwisata

FAQ

Apa saja persyaratan untuk mendirikan usaha PO bus pariwisata?

Syarat-syarat untuk dapat membangun PO bus pariwisata antara lain yakni mempunyai modal yang lumayan, menyiapkan garasi untuk armada bus, melakukan service armada kendaraan, mengatur izin operasi bus, dan melakukan kegiatan marketing.

Berapa modal yang diperlukan untuk mendirikan usaha PO bus pariwisata?

Modal yang harus tersedia bervariasi, tergantung pada jumlah bus yang ingin tersedia. Untuk bisa membeli bus secara cash, modal paling kecil kira-kira 500 juta sampai  700 juta. Kalau memakai jasa leasing, minimal DP kira-kira 30% dari harga bus.

Apa saja langkah-langkah setelah memenuhi persyaratan untuk mendirikan usaha PO bus pariwisata?

Sesudah Anda memenuhi persyaratan, tahapan seterusnya yakni mengajukan izin usaha angkutan. Setelah izin sudah keluar, armada bus sudah bisa beroperasi.

Berapa lama izin usaha PO bus pariwisata berlaku?

Izin usaha PO bus berlaku selama lima tahun. Pemilik Usaha PO bus pariwisata harus memperpanjang masa izin usaha sebelum waktu berlaku izinnya habis.

Bagaimana cara memasarkan PO bus pariwisata?

Mrketing PO bus bisa dilakukan lewat media sosial, misalnya Facebook atau Instagram. Di samping itu, melakukan kerjasama dengan mitra atau agen perjalanan juga bisa membantu memasarkan usaha PO bus pariwisata anda.