Sewa Bus Jogja - sewa bus pariwisata jogja

Merawat Kaca Bus

Kaca bus merupakan salah satu komponen terpenting dari bagian bus di samping komponen-komponen penting lainnya. Berkendaraan dengan kondisi kaca bus yang tidak bersih, tentu akan sangat menggangu seorang sopir.

Salah satu faktor penyebab kecelakaan yang sering terjadi di jalanan adalah tidak maksimalnya kondisi kaca bus. Oleh karena itu perlu perawatan khusus dalam menangani kaca bus.

Pertama, bersihkan kaca mobil bus apabila terdapat kotoran dipermukaannya. Apabila permukaan kaca mobil bus terkena debu kering, bersihkanlah kaca mobil bus dengan menggunakan kemonceng halus (bulu ayam) terlebih dahulu, kemudian kain atau lap kering bersih yang berbahan lembut. Hal ini dilakukan untuk mencegah tejadinya baret-baret halus pada kaca mobil bus. Sayang kan jika mobil bus baru kacanya sudah baret 😀 Apabila di permukaan kaca mobil bus terkena debu atau tanah basah, siram kaca mobil bus dengan menggunakan air bersih secukupnya terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran dari kaca, setelah itu bersihkan kaca mobil bus dengan kain atau lap kering bersih berbahan lembut sampai permukaan kaca kering. Apabila kaca mobil bus terkena air hujan, siramlah dengan air bersih terlebih dahulu, karena dikawatirkan hal ini (air hujan) mengandung asam bisa merusak struktur kaca mobil bus. Setelah permukaan kaca mobil bus disiram dengan air bersih, bersihkan dengan kain atau lap kering bersih berbahan lebut sampai permukaan kaca menjadi kering. Langkah ini merupakan awal dari cara merawat kaca mobil bus.

Langkah kedua dalam cara merawat kaca mobil bus adalah memeriksa kondisi wiper pada kaca mobil bus. Periksa rutin kondisi wiper mobil bus, karena jika wiper sudah rusak akan mengakibatkan goresan pada kaca. Ganti wiper yang sudah rusak .Wiper yang sudah rusak/aus memiliki tanda antara lain; karet wiper sudah tidak lentur, terdapat retakan pada karet wiper, dan jika digunakan tidak menyapu air dengan sempurna.Tidak dianjurkan untuk mengoperasikan wiper ketika kaca mobil bus dalam kondisi kering, terutama jika kaca dalam kondisi bedebu atau kotor, karena dapat menyebabkan goresan halus pada permukaan kaca mobil bus. Jika akan menggunakan wiper dalam kondisi cuaca kering, semprotkan cairan wiper secukupnya terlebih dahulu.Periksa secara rutin isi tangki cairan wiper untuk memastikan cairan selalu tersedia. Untuk menjaga kondisi karet wiper pada kaca agar tidak cepat rusak serta menjaga kondisi kaca, sebaiknya angkat lengan wiper ketika bus diparkir dalam jangka waktu yang lama, terutama jika di bawah terik sinar matahari.

Langkah ketiga dalam cara merawat kaca mobil bus ialah memeriksa sisa pembersih kaca mobil bus bagian dalam dan luar. Apabila anda membersihkan kaca mobil bus dengan menggunakan cairan concentrate pembersih kaca mobil dan bus, pastikanlah bahwa sisa cairan dilap sampai bersih dan kering. Jangan sampai ada cairan tertinggal dan mengering dengan sendirinya pada kaca, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kaca mobil bus. Jenis kerusakan yang diakibatkan tertinggalnya cairan pembersih kaca antara lain: rusaknya struktur kaca, terkelupasnya keramik pada kaca, kaca menjadi buram, terkelupasnya defogger, timbulnya jamur, dan lain sebagainya.
Dianjurkan untuk mengunakan pembersih kaca mobil bus yang memiliki PH normal (7), dan tidak memiliki kadar keasaman tinggi yang dapat berakibat rusaknya struktur kaca mobil bus. Cukup tiga langkah dalam cara merawat kaca mobil bus. Mudah bukan ? segera praktekan. Demikian cara merawat kaca mobil bus, semoga bermanfaat.

Sewa Bus Jogja - sewa bus pariwisata jogja Alasan Orang Memilih Jasa Sewa Bus
Grojogan Selondo